
Pada tanggal 14-15 November telah terselenggara Asesmen Lapangan Program Studi Sistem Informasi UIN Imam Bonjol Padang oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Asesmen lapangan Prodi SI berlangsung secara Daring dengan menghadirkan tim asesor yaitu Dr. Ir. Rizal Munadi, MM, MT dari Universitas Syiah Kuala Aceh dan Dr. Yohanes Suyanto, M.I.Kom dari Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.
Pada hari pertama kegiatan acara dibuka langsung oleh Rektor UIN Imam Bonjol Prof. Dr. Martin Kustati, M.Pd dan dipandu langsung oleh Dekan FST Nurus Shalihin., Ph.D. Acara Pembukaan asesmen ;apangan SI juga dihadiri oleh Dr. Sri Harini, M.Si (Ketua Forum Dekan FST), Dr. Yasrul Huda. M.A (Wakil Rektor bidang Akademik dan Kelembagaan UIN IB), Dr. Zulheldi, M.Ag (Ketua LPM UIN IB), Zulfendri, M.Kom (Kepala TIPD UIN IB). Dalam pembukaan Rektor UIN IB Prof. Dr. Martin Kustati, M.pd berharap kegiatan asesmen lapangan Prodi SI dapat berlangsung dengan baik serta mendapatkan hasil terbaik serta ucapan terima kasih kepada seluruh tim penyusun dokumen akreditasi yang sudah bekerja mewujudkan asesmen lapangan Prodi SI.

Setelah pembukaan, acara dimulai dengan Asesmen Lapangan berkaitan sarana dan pra sarana kampus. Tim akreditasi Prodi SI menampilkan video update kondisi sarana dan prasarana kampus setelah itu dilanjutkan dengan Live Streaming pengecekan kondisi fasilitas kampus terkini. Pengecekan langsung melibatkan 3 tempat yaitu Area pembelajaran serta administrasi di gedung Sains dan Teknologi UIN IB Sungai Bangek, serta 2 lokasi laboratorium komputer di gedung B FEBI dan Laboratorium kampus Lubuk Lintah.
Asesmen kembali dilanjutkan dengan Konfirmasi rencana pengembangan Fakultas, sistem tata pamong, sistem pengelolaan, capaian Fakultas yang dilaporkan, dan rencana pengembangan Prodi SI yang diakreditasi. Pada sesi ini Asesor melakukan pengkonfirmasian dengan Dekan Nurus Shalihin, Ph.D, Wakil Dekan 1 Dr Subhan Ajrin Sudirman,M.A, Wakil Dekan 2 Dr. Yulia, M.pd dan Kasubbag Tata Usaha Yuharnida, SE. Pada sesi ini pimpinan Fakultas Sains dan Teknologi memaparkan beberapa proses dalam upaya pengembangan FST dan irisannya terhadap Prodi SI. Salah satu yang dijelaskan adalah berkaitan dengan pengadaan Sekolah Keislaman untuk mengisi ruang keislaman mahasiswa FST sesuai Visi FST dan prodi. Selain itu upaya peningkatan kompetensi dosen dengan mengadakan pelatihan serta mendorong dosen untuk bermanfaat dimasyarakat dengan program Literasi Informasi Sains dan Teknologi di berbagai daerah di Sumatera Barat.

Setelah sesi Konfirmasi dengan Pimpinan Fakultas dan penetapan data final yang menjadi acuan akreditasi acara dilanjutkan dengan konfirmasi pelaksanaan, hasil dan efektivitas proses Penjaminan Mutu di Fakultas yang meliputi seluruh siklus PPEPP serta Pengecekan dokumen standar, manual, instrument/tools, dan laporan berkala hasil SPMI di Unit Pengelola Program Studi. Pada sesi ini asesor melakukan penkofirmasian dengan Dr. Zulheldi, M.Ag (Ketua LPM UIN IB), Ilham Dangu Rianjaya, M.Si (KaLab Mutu dan Akreditasi FST) dan Darvi Mailisa Putri (Dosen FST).
Pada siang setelah sholat Dzuhur agenda berlanjut dengan sesi Konfirmasi data dan informasi Dokumen Akreditasi Prodi SI. Sesi ini berlangsung dengan menghadirkan seluruh tim penyusun dokumen akreditasi Prodi SI yang terdiri dari Mega Orina Fitri, S.T., M.T (Dosen SI), Ahmad Fauzi. M.T.I (Dosen SI), Domi Sepri. M.Kom (Dosen SI), Afdhil Hafid. M.Eng (Dosen SI), Novia Lestari. M.Kom (Dosen SI), Muhamad Teguh Brillian. M.T.I (Dosen SI) dan Ozzy Secio Riza. M.Kom (Dosen SI). Sesi ini juga menghadirkan Pengelola Prodi SI yaitu Aulia Arham. M.Eng (Ketua Prodi SI) dan Raju wandira. M.Kom (Sekertaris Prodi SI). Konfirmasi data yang dimaksud adalah pengecekan data dan informasi dalam Laporan Evaluasi Diri (LED) dan LKPS Final yang digunakan sebagai bahan akreditasi.

Acara berlanjut kembali dengan Konfirmasi aspek yang terkait dengan pelaksanaan pengelolaan perguruan tinggi untuk area fungsional: program akademik (tridarma) dan pengelolaan sumberdaya (SDM, keuangan, aset dan fasilitas, serta sistem informasi) yang menghadirkan kembali Wakil Dekan 1 Dr Subhan Ajrin Sudirman,M.A, Wakil Dekan 2 Dr. Yulia, M.pd dan Kasubbag Tata Usaha Yuharnida, SE. Hari pertama ditutup dengan konfirmasi kepada Dosen Tetap Program Studi (DTPS) yang tidak terlibat penyusunan dokumen akreditasi pada tahun 2021 yaitu Dr. Yaslinda Lizar dan Muhammad Naufan Rizqullah, M.Si yang baru tergabung di Prodi SI tahun 2022. Konfirmasi DTPS menyangkut keterlibatan Dosen serta upaya FST meningkatkan pengembangan karir dosen.

Pada hari kedua kegiatan dilanjutkan dengan sesi Tenaga Kependidikan (tendik), Konfrimasi mencakup kinerja, keterlibatan, pelayanan, dan kepuasan tenaga kependidikan. Tenaga Kependidikan FST dalam sesi ini diwakili oleh Yendri, S.Sos.,S.IPI (Pustakawan), Rahmawati.,S.kom, M.Kom (Bendahara Keuangan), Musliandi, S.Sos (Akademik), Yuni Fatma (Tata Usaha) dan Fajri Nugraha (Laboran). Setelah sesi dengan Tendik acara berlanjut dengan sesi terhadap mahasiswa, dari FST diwakili oleh Innamul Ikwana (Ketua Dema FST, SI 2019), Taufiq Alrasyid (SI 2019), Refika Fitria (SI 2019), Fachri Ananda (SI 2019), Faisal Nurahim (Ketua HMPS SI,SI 2020), Alya Sahira (SI 2020), Afin Ramadhan (SI 2021), Defa Malnovizam (SI 2021) dan Suci Puspita Sari (SI 2022). Diskusi antara asesor dan mahasiswa berkaitan sebaran asal mahasiswa, jalur masuk, prestasi dan kegiatan pembelajaran di kampus.
Dengan berakhirnya sesi mahasiswa maka telah berakhir seluruh sesi konfirmasi dan wawancara dengan seluruh aspek yang ada di Prodi SI. Acara berlanjut dengan konfirmasi hasil pengecekan lapangan dan pembuatan berita acara dari asesor dan Tim Akreditasi. Sesi konfirmasi hasil berlangsung dengan berbagai diskusi dan penambahan dokumen yang dibutuhkan oleh asesor dalam penilaian. Setelah seluruh sesi konfirmasi berakhir maka dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara Asesmen Lapangan SI.

Acara pun berkahir dan ditutup pada sore hari dengan menghadirkan kembali Rektor UIN Imam Bonjol Padang Prof. Dr. Martin Kustati, M.pd. Dalam penutupan Asesor I Dr. Rizal Munadi, MM, MT, Menyampaikan kesan yang baik terhadap pelaksanaan Asesmen Lapangan SI UIN IB. Hal ini dituturkan oleh beliau bahwa seluruh tim Akreditasi SI telah bekerja dengan baik, hal ini tercermin dengan lengkap dan rapinya dokumen yang diberikan kepada tim asesor. Selain itu Dr. Rizal Munadi, MM, MT juga memberikan apresiasi atas berbagai kinerja Fakultas dalam penggunaan anggaran untuk kepentingan seluruh Stakeholders baik itu dosen, tendik dan mahasiswa. Asesor II Dr. Yohanes Suyanto, M.I.Kom Juga mengucapkan apresiasi kepada seluruh Tim FST dan Akreditasi SI. Beliau menuturkan bahwa terdapat kemudahan dalam menemukan berbagai dokumen dalam tahap konfirmasi, karena lengkap dan rapinya dokumen sangat membantu asesor untuk menemukan dokumen-dokumen yang akan dikonfirmasi. Selain itu Dr Yohanes Suyanto, M.I.Kom juga menyampaikan apresiasi atas lengkapnya sarana dan prasarana FST yang menunjang kehidupan akademik di kampus.

Nurus Shalihin, Ph.D dalam penutupannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada tim Asesor yang telah bekerja dalam Asesmen Lapangan SI. Nurus Shalihin menambahkan selama dalam proses Asesmen Lapangan bukanlah proses penilaian yang ditemukan tapi proses pendampingan, bahwa tim asesor selama proses Asesmen Lapangan sangat membantu dan memberikan banyak masukan untuk kemajuan FST dan Prodi SI khususnya. Rektor UIN Imam Bonjol Padang Prof. Dr. Martin Kustati, M.pd mengucapkan terima kasih kepada seluruh tim asesor serta melaporkan bahwa UIN Imam Bonjol padang senantiasa berbenah dan berusaha untuk mewujudkan visi UIN Imam Bonjol yaitu menjadi Universitas yang Unggul dan Kompetitif.