Evaluasi Pelaksanaan Sekolah Islam Kebangsaan FST | Workshop Penyusunan Kurikulum Sekolah Islam Kebangsaan

Pada tanggal 27-29 November 2022 telah terselenggara Workshop Penyusunan kurikulum sekolah islam kebangsaan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Imam Bonjol Padang yang bertempat di Asrama Haji Embarkasi Padang. Acara ini diikuti oleh seluruh Ustadz/Pengajar sekolah islam kebangsaan serta pimpinan dan Tenaga Kependidikan Fakultas Sains dan Teknologi. Workshop ini menjadi momen evaluasi pelaksanaan sekolah islam kebangsaan FST yang telah berjalan 3 bulan.

Narasumber dalam kegiatan ini adalah Dr. Henmaidi, S.T., M.Eng.Sc., Ph.D dari Universitas Andalas yang memiliki pengalaman membangun karakter andalasian di Universitas Andalas. Pada hari pertama acara dibuka dengan diskusi bersama, Dekan FST Nurus Shalihin, Ph.D mengatakan bahwa sekolah islam kebangsaan adalah ciri keunikan yang dimiliki FST dan akan berpeluang untuk berkembang dan jadi role model di berbagai tempat sebagai sarana pengembangan karakter keislaman mahasiswa. Diskusi hari pertama dipandu oleh Ustadz Heri Suritno, pimpinan STIT Syekh Burhanuddin dengan melakukan inventarisir permasalahan dan menemukan solusi dalam setiap permasalahan sekolah islam kebangsaan yang telah berjalan 3 bulan. Sesi diskusi dilanjutkan dengan pembagian kelompok kecil diantara para pengajar sesuai 3 bidang bahan ajar sesuai kurikulum sekolah islam kebangsaan yaitu Keimanan, Keislaman dan Keihsanan. Diskusi tiap kelompok dilanjutkan di hari kedua dan pemaparan tiap-tiap kelompok dan merencanakan berbagai rencana untuk pengajaran yang akan datang.

Pada hari kedua siang hari dimulai sesi pematerian oleh Dr. Henmaidi, S.T., M.Eng.Sc., Ph.D. Sesi workshop dengan pemaparan materi berkaitan Inspiring Teacher, berbagai metode pengajaran disampaikan dan diiringi sesi diskusi penguatan kompetensi pengajaran dalam sekolah islam kebangsaan FST. Penyampaian materi berjalan interaktif dengan berbagai diskusi dan studi kasus dengan para pengajar sekolah islam kebangsaan FST. Setelah mendapat materi para ustadz pengajar sekolah islam kebangsaan FST melanjutkan diskusi dengan berbagai eksperimen metode-metode pengajaran yang lebih fresh dan baru. Salam Saintek!

Leave a Reply