Literasi lnformasi dan Sains Berbasis Lingkungan dan Budaya | Pendampingan FST di Nagari Sei. Sirah Kuranji Hulu Kab. Padang Pariaman

Fakultas Sains dan Teknologi mengadakan Pengabdian Masyarakat di Nagari Sei. Sirah Kuranji Hulu Kabupaten Padang Pariaman. Tema yang di usung dalam pengabdian tahun 2022 ini adalah “Literasi lnformasi dan Sains Berbasis Lingkungan dan Budaya”. Pengabdian di nagari ini dilakukan pada empat fase yang meliputi: pemetaan, pelaksanaan sebanyak dua kali, dan terakhir monitoring. Fase pertama dilaksanakan tanggal 21-23 Juli 2022. Kegiatan ini merupakan program unggulan fakultas, sebagai perwujudan dari slogannya yang imajinatif dan berdaya guna. Dosen Fakultas Sains dan Teknologi yang diterjunkan adalah Dr. Novizal Wendry, MA., La Ode Sabra, M.Si., Lilis Harianti Hasibuan, M.Si., dan Darvi Mailisa Putri, M.Si.

Dipilihnya Nagari Sei. Sirah Kuranji Hulu, dikarenakan Nagari ini mempunyai potensi budaya yang berpeluang untuk diangkat di ranah digital. Selain itu, Sei. Sirah Kuranji Hulu dalam tahapan pemekaran sementara SDM yang ada membutuhkan pendampingan terutama dalam hal arsiparis, data base penduduk, serta promosi wilayah dalam website nagari. Dalam identifikasi pemetaan potensi yang dilakukan di kantor wali nagari tanggal 21 dan 22 Juli 2022 terungkap bahwa nagari ini membutuhkan pengelolaan arsip sesuai dengan perkembangan teknologi digital. Selain itu, mereka membutuhkan SDM yang handal, terutama untuk menyambut pemekaran Sei Sirah Kuranji Hulu yang rencananya akan menjadi empat Nagari; yaitu Nagari Sei. Sirah Kuranji Hulu (nagari induk), Nagari Ladang Rimbo, Nagari Sungai Rantai, dan Nagari Koto Bangko.

Mayuni Dt. Kamulie, Wali Nagari Sei. Sirah Kuranji Hulu sangat berharap pendampingan ke nagarinya ini berkelanjutan sehingga nagari ini dapat sejajar dan lebih maju lagi dibandingkan dengan nagari lainnya. Hal serupa juga disampaikan oleh Mahyudin dan Bustanul Arifin (tokoh masyarakat), Rafli Hendri (pemuda nagari). Tim Pengabdian kepada Masyarakat Fakultas Saintek menyahuti harapan tersebut dengan skema pelatihan arsiparis berbasis digital yang akan dilaksanakan pada bulan Agustus 2022 ini. (NW)

Leave a Reply