PENYUSUNAN DATABASE DAN PENGGUNAAN MAILING LIST | PENDAMPINGAN FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI UIN IMAM BONJOL DI NAGARI SEI. SIRAH KURANJI HULU

(Padang Pariaman, 9 Agustus) Fakultas Saintek UIN Imam Bonjol Padang mengadakan pelatihan arsiparis berbasis digital di Nagari Sei. Sirah Kuranji Hulu. Topik yang digusung adalah Penyusunan Database dan Penggunaan Mailing. Pelatihan ini sebagai tindaklanjut pemetaan lapangan yang sudah dilakukan tanggal 21-23 Juli 2022. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Rapat Kantor Wali Nagari Sei. Sirah Kuranji Hulu, tanggal 7-9 Agustus 2022.

Tim Dosen FST dalam Pelatihan Penyusunan Database dan Penggunaan Mailing List

Fase kedua dalam rangkaian Pengabdian kepada Masyarakat “Literasi Informasi dan Sains Berbasis Lingkungan dan Budaya” ini, Fakultas Saintek menurunkan empat orang pendamping; Dr. Novizal Wendry, M.A., Ilham Dangu Rianjaya, M.Si., Syarto Musthofa, M.Sc., dan Muhammad Naufan Rizqullah, M.Si. Adapun peserta yang ikut serta dalam kegiatan ini berjumlah 20 orang. Mereka terdiri dari staf arsiparis dari bagian pelayanan nagari serta kader-kader muda nagari dari perwakilan delapan korong yang terdapat di Nagari ini. Kader muda ini sengaja diikutsertakan untuk membangun basis talenta digital di Nagari Sei. Sirah Kuranji Hulu. Selain itu, akan bisa diberdayagunakan oleh “tiga calon nagari” yang dalam proses pemekaran dari nagari induknya, Sei. Sirah Kuranji Hulu.  

Peserta Pelatihan Penyusunan Database Penggunaan Mailing List

Dalam proses pendampingan ini, Tim mengenalkan pentingnya penggunaan MS. Exel dan MS Word yang mudah didapat dalam Microsoft Office. Yang pertama berfungsi sebagai basis database nagari sedangkan yang kedua berfungsi sebagai template persuratan nagari. Lebih lanjut, tim mendampingi praktek mailing database ini pada template berbagai jenis persuratan nagari. Selain itu, tim juga memperegakan penyelesaian error yang kemungkinan muncul pada data exel disebabkan kesalahan input data.

Peserta mengikuti pelatihan ini dengan antusias. Mereka berharap mendapatkan tambahan praktek pada isu lain dalam arsiparis berbasis digital. Sekretaris Nagari Sei. Sirah Kuranji Hulu Joni Eka Putra, SE menyambut baik pola praktek yang dilakukan oleh tim dalam pelatihan ini. Ia berharap pelatihan ini tetap berlanjut ke tahapan berikutnya sehingga memperkuat layanan administrasi di nagarinya. Sementara itu, tim pendamping membuka pintu terhadap nagari jika ada request problem arsiparis yang akan didampingi pada pelatihan berikutnya yang direncanakan tanggal 14-16 Agustus 2022. (NW)

Tim Dosen FST bersama Wali Nagari Sei Sirah Kuranji Hulu

Leave a Reply