Pesantren Digital | FST Dampingi Ponpes Ashhabul Yamin Lasi Mengelola Basis Data dan Website

Fakultas Sains dan Teknologi mengadakan Pengabdian Masyarakat di Pondok Pesantren Ashhabul Yamin Lasi . Tema yang di usung dalam pengabdian ini adalah “Pesantren Digital”. Pengabdian di nagari Lasi ini dilakukan pada empat fase yang meliputi: pemetaan, pelaksanaan sebanyak dua kali, dan terakhir monitoring. Fase pertama pemetaan yang telah dilaksanakan tanggal 20-22 Maret 2022 dan dilanjutkan pada pelaksanaan pengabdian sesi pertama yang berlangsung pada tanggal 24-26 Juli 2022. Kegiatan ini merupakan program unggulan fakultas yaitu meningkatkan peran FST untuk mampu memberikan manfaat dan pemberdayaan terhadap masyarakat khususnya di wilayah Sumatera Barat. Dosen Fakultas Sains dan Teknologi yang diterjunkan adalah Dr. Subhan Ajrin Sudirman, MA., Novia Lestari, M.Si., Miftahul Jannah, M.Si., dan Muhammad Naufan Rizqullah, M.Si.

Sesampai di Pesantren Tim Dosen FST disambut oleh pimpinan pondok Ustadz Akmal Hadi dan berdiskusi tentang kelanjutan pemetaan yang pernah dilakukan pada bulan Maret lalu. Setelah itu Tim Dosen FST melakukan pendampingan terhadap tim pengelola Website dan data Pesantren yang ditugaskan oleh Ponpes Ashhabul Yamin. Dalam pelaksanaan pertama ini tim dosen FST memberikan pelatihan berkaitan penggunaan aplikasi XAMPP untuk mengkoneksikan basis data dengan website Pesantren. Selain itu tim dosen FST juga memberikan pelatihan excel dalam pengelolaan data santri, guru, nilai rapot dan berbagai data pesantren lainnya.

Kedepannya kegiatan ini akan terus di lanjutkan dengan pembuatan Website Pondok Pesantren dan pengelolaan yang lebih teknis dalam pembuatan website tersebut. Output yang diharapkan adalah agar Ponpes Ashhabul Yamin memiliki Website dan mampu mengelola untuk kepentingan pondok kedepan serta mewujudkan pesantren yang lebih siap terhadap tantangan internet dan teknologi.

Leave a Reply