(Padang, 15 Mei 2022)
Persoalan pelayanan publik dipandang sebagai permasalahan yang kompleks dengan variabel yang sangat luas. Upaya memperbaiki birokrasi sebagai pelayan publik termasuk didalamnya upaya menanamkan etika sebagai nilai utama dalam pelayanan publik memerlukan waktu yang panjang dan diikuti kemauan pelayan itu sendiri untuk merubah sikap dan orientasi perilakunya ke arah yang lebih mementingkan peningkatan pelayanan.
Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UIN Imam Bonjol Padang pada tanggal 13-15 Mei 2022 telah melaksanakan Workshop Peningkatan Kinerja di ZHM Premier Padang dengan tema menggerakkan kesadaran, menarasikan perubahan, dan membangun budaya kerja. Aktualisasi etika pelayanan yang unggul, berkualitas, serta sesuai dengan kebutuhan zaman sangat ditentukan oleh kemamapuan dan etika pelayanan yang dilakukan oleh pelaku pelayanan itu sendiri, karena kualitas output dan outcome pelayanan berbanding lurus dengan kemampuan dan etika yang dimiliki oleh pelaku pelayanan.
Semakin baik kemampuan dan etikanya, maka semakin unggul pelayanannya, begitu pula sebaliknya. Adanya workshop peningkatan kinerja ini, diharapkan dapat menambah keterampilan pegawai sekaligus meningkatkan etika pelayanan publik melalui kesadaran dan komitmen yang terbangun melalui kegiatan yang dimaksud untuk mewujudkan take & give yang membahagiakan sekaligus service of excellent yang sesungguhnya pada seluruh komponen publik khususnya di Fakultas Sains dan Teknologi UIN Imam Bonjol Padang.