Tiga Jurnal Fakultas Sains dan Teknologi Diajukan untuk Akreditasi | Jostech, MAP & Insearch

Dalam rangka penguatan dampak ilmiah FST dimasyarakat, salah satunya dengan eksistensi jurnal ilmiah yang dikelola oleh FST harus terakreditasi. Pengelolaan jurnal ilmiah di Fakultas Sains dan Teknologi sudah berjalan sejak FST berdiri namun baru dapat bisa dilakukan akreditasi mengingat jumlah terbitan harus sesuai ketentuan yaitu 2 tahun dan memiliki 4 issue yang dibagi 2 issue terbit ditiap tahun.

Sejauh ini Fakultas Sains dan Teknologi memiliki 4 Jurnal yang dikelola yaitu Journal of Science and Technology (Jostech)MAp (Mathematics and Applications) Journal, Insearch: Information System Research Journal dan Journal Of Social Outreach (JSO). Untuk MAP adalah jurnal Prodi Matematika yang sudah terbit sejak 2019 sedangkan untuk Jostech (FST) dan Insearch (Prodi SI) terbit di tahun 2021 lalu terakhir untuk Jurnal Social Outreach terbit ditahun 2022.

Sehingga Jurnal yang siap diajukan akreditasi adalah 3 Jurnal yaitu: Jostech, MAP dan Insearch. Dalam persiapan pengajuan akreditasi para pengelola Jurnal membuat Laporan Evaluasi Diri (LED) serta pengisian Issue yang sudah terbit minimal 2 Issue ditiap tahun. Kepala Laboratorium Website dan Publikasi M Naufan Rizqullah menjelaskan bahwa ketiga jurnal tersebut sudah diajukan untuk menjalani proses akreditasi dalam sistem Arjuna Kemdikbud. Naufan menambahkan bahwa secara bertahap pengajuan dilakukan untuk Jostech tercatat pengusulannya ditanggal 5 Desember, Map ditanggal 6 Desember dan Insearch ditanggal 15 Desember.

Besar Harapan seluruh Jurnal yang diajukan untuk akreditasi bisa mendapatkan skor yang terbaik. Tak lupa menghimbau seluruh civitas akademik FST bisa membuka, membaca serta menyebarkan jurnal ilmiah yang dikelola oleh FST. Salam Saintek!

Leave a Reply