Keberhasilan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Imam Bonjol Padang dalam mencapai visi dan misi, salah satunya ditentukan oleh kepuasan pemangku kepentingan yaitu mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan dan mitra kerjasama terhadap layanan yang diberikan fakultas. Pada saat ini, kualitas pelayanan Fakultas Sains dan Teknologi dipandang sebagai salah satu alat untuk mencapai keunggulan kompetitif. Jika kualitas pelayanan buruk dan kepuasan terhadap layanan kurang memuaskan, maka dalam jangka panjang daya saing program studi akan melemah dan sulit berkembang.
Oleh karena itu, perlunya pengukuran kepuasan pemangku kepentingan terhadap layanan yang diberikan Fakultas Sains dan Teknologi. Hal ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pemangku kepentingan terhadap layanan yang diberikan. Pada saat ini pengukuran kepuasan sudah dilaksanakan secara berkala. Adapun instrumen yang digunakan adalah kuesioner dalam bentuk google form. Pengukuran kepuasan pemangku kepentingan sudah dilaksanakan pada tahun akademik 2019/2020 dan tahun akademik 2020/2021. Berdasarkan hasil yang diperoleh rata-rata menunjukkan adanya peningkatan kepuasan pemangku kepentingan terhadap layanan Fakultas Sains dana Teknologi. Hal tersebut dapat dilihat pada tabel dan gambar di bawah ini:
No. | Pemangku Kepentingan | Indeks Persentase |
Kategori |
||
2019/2020 | 2020/2021 | 2019/2020 |
2020/2021 |
||
1. |
Mahasiswa |
82% |
84.85% | Memuaskan |
Sangat Memuaskan |
2. |
Dosen |
66,95% |
79,4% | Cukup Memuaskan |
Memuaskan |
3. |
Tenaga Kependidikan |
68,14% |
76,44% | Memuaskan |
Memuaskan |
4. |
Mitra Kerjasama |
– |
84,38% | – |
Sangat Memuaskan |
Adapun hasil kuesioner kepuasan pemangku kepentingan secara keseluruhan dapat dilihat pada link di bawah ini:
Laporan hasil survey pemangku kepentingan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Imam Bonjol Padang