Pada hari Kamis, 6 Juni 2024, Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang telah melaksanakan sebuah langkah penting dalam pengembangan akademik. Tim FST UIN Imam Bonjol Padang menjalankan kunjungan yang konstruktif ke Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Pertemuan ini bertujuan untuk mendiskusikan potensi mind mapping dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan pengalaman mahasiswa di tingkat fakultas.
Fakultas Teknik UGM menjadi tujuan yang tepat untuk kunjungan ini, dengan memiliki delapan departemen yang bertanggung jawab pengelolaan sumber daya manusia, aset, keuangan, serta sarana dan prasarana. Setiap departemen mengawasi satu atau beberapa program studi. Setiap departemen mengawasi satu atau beberapa program studi. Misalnya, Departemen Teknik Mesin dan Teknik Industri (DTMI) mengelola Program Studi Teknik Mesin dan Teknik Industri.
Diskusi antara dua institusi ini melibatkan perbincangan tentang kebutuhan regional dan nasional, serta pemanfaatan sumber daya laboratorium dan keahlian dosen untuk mendukung pengalaman belajar mahasiswa.
Pengembangan program studi di Fakultas Teknik UGM mempertimbangkan berbagai faktor, termasuk kebutuhan regional dan nasional, fasilitas laboratorium, serta tenaga pengajar. Laboratorium menjadi elemen vital dalam proses pembelajaran, memungkinkan mahasiswa untuk mempraktikkan teori yang dipelajari di kelas. Setiap program studi memiliki laboratorium khusus yang sesuai dengan bidang keahlian masing-masing. Selain itu, program studi dapat melibatkan para ahli dari industri, dosen, maupun alumni sebagai penasehat yang memberikan masukan terhadap kurikulum.
Keunikan regional juga menjadi pertimbangan penting dalam pengembangan program studi. Keunikan ini dapat menjadi keunggulan yang dimanfaatkan untuk memaksimalkan potensi daerah, menjadikan program studi lebih relevan dan unggul.
Kunjungan ini diharapkan dapat memberikan wawasan baru bagi FST UIN Imam Bonjol Padang dalam mengembangkan strategi akademik dan kemahasiswaan, serta mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki untuk meningkatkan kualitas pendidikan di lingkungan universitas.