FST Mengaji, FST Malewakan

(07 September 2022: Aula Imam Bonjol, Lt.Andalasia Ged. Teknologi, FST)

Fakultas Sains dan Teknologi UIN Imam Bonjol Padang pada hari Rabu bertepatan dengan 7 September 2022 melaksanakan acara “manamaik kaji” sekaligus “malewakan” dengan tema yang diusung “Mensyiarkan Agama Menerjemah Semesta Merawat Keindonesiaan”.

Adapun beberapa bentuk program yang dilewakan diantaranya, Sekolah Islam Kebangsaan, Etika Pelayanan Akademik, Rabu Mengaji Rabu Bersantri, I’tirof FST, Nama-nama Gedung, lantai, kelas, aula dan ruang baca. Ada dua gedung FST yang berfungsi sebagai Gedung kuliah yang diberi nama gedung sains dan gedung perkantoran yang dinamai Gedung teknologi. Adapun penamaan lantai masing-masing diberi nama lantai Andalasia, Borneo, Celebes, Java, dan Papua yang mengusung semangat kebangsaan. Untuk penamaan ruang kelas keseluruhannya diberi nama imam yang diambil dari nama-nama saintis muslim seperti Imam Al Khawarizmi, Imam Al Mahani, Imam Al Battani, Imam An Nayrizi, Imam Al Zahrawi, Imam Ibnu Yunus, Imam Ibnu Haitsam, Imam Al Biruni, Imam Ibnu Sina, Imam Umar Khayyam, Imam Ibnu Bajjah, Imam Ibnu Thufail, Imam Ibnu Rusyd, Imam Al Jazari, Imam Nashiruddin At Thusi, Imam Ibnu Al Nafis, Imam Ar Razi, Imam Al Asma’I, Imam Abbas Ibnu Firnas, dan Imam Ahmad Ibnu Tulun. Sedangkan untuk ruang baca diberi nama Fatimah al Fihri, perempuan pertama di dunia pendiri universitas di Maroko. Untuk aula sendiri diberi nama Imam Bonjol.

Dalam acara tersebut juga diadakan orasi kebudayaan yang disampaikan oleh Ketua Pimpinan Wilayah GP Anshor Provinsi Sumatera Barat, Dr. Rahmat Tuanku Sulaiman, S.Sos., MM. Acara malewa FST juga turut diperkenalkan ustadz dan ustadzah sebagai guru yang akan mengajar pada sekolah Islam kebangsaan. Sekolah Islam Kebangsaan ini nantinya diharapkan akan meningkatkan pemahaman keagamaan mahasiswa sekaligus membentengi mahasiswa dari berbagai macam ideologi baik dari barat maupun timur dan memilih Pancasila sebagai “kalimatun sawa” Acara ini dirangkaikan juga dengan penyerahan SK Fungsional dan SK Keahlian pada 6 orang dosen FST, diantaranya Muhammad Teguh Brillian, M.T.I, Ilham Dangu Rianjaya, M.Si., Syarto Musthofa, M.Sc., Novia Lestari, M.Kom., Mohammad Syafi’I, M.Si., dan La Ode Sabran, M.Si. Turut hadir dalam acara tersebut, Rektor UIN Imam Bonjol Padang, Prof. Dr. Hj. Martin Kustati, M.Pd, Tim Perumus Kurikulum Sekolah Islam Kebangsaan, Dekan-dekan di lingkungan UIN Imam Bonjol, Ketua Lembaga di lingkungan UIN Imam Bonjol, Organisasi Kemahasiswaan FST beserta segenap civitas akademika Fakultas Sains dan Teknologi UIN Imam Bonjol Padang.

Dalam sambutannya, Rektor menyampaikan Fakultas Sains dan Teknologi telah menerjemahkan dengan sangat baik 1 diantara 4 program strategis yang telah dicanangkan yaitu First Year Studies in Boarding Program. FST yang dalam pendiriannya diharapkan dapat mengintegrasikan antara sains dan agama, harapan beliau adalah terobosan-terobosan yang dilakukan oleh FST dapat menginspirasi fakultas lain di lingkungan UIN Imam Bonjol untuk dapat mengembangkan berbagai macam program ataupun kegiatan serupa yang dapat meningkatkan kualitas mahasiswa sebagai individu sekaligus universitas secara kelembagaan.

Dalam refleksinya, Dekan FST, Nurus Shalihin, Ph.D menyampaikan walaupun secara urutan kelahiran, Fakultas Sains dan Teknologi adalah fakultas paling belia di lingkungan UIN Imam Bonjol namun harus mampu untuk tampil sebagai imam dan mengilhami fakultas lainnya, sesuai dengan slogannya, Menjadi Imam Menginspirasi Semesta. Rangkaian acara FST mengaji, FST Malewakan diakhiri dengan makan barapak. Salam Saintek!

Leave a Reply