Kuliah Tamu Sistem Informasi | Tata Kelola IT (IT Governance)

Narasumber Kuliah Tamu Sistem Informasi Tata Kelola TI, Benny Sukma Negara, M.T

Pada Rabu, 14 September 2022, Program Studi Sistem Informasi Fakultas Sains dan Teknologi UIN Imam Bonjol mengadakan kegiatan kuliah tamu dengan tema “Tata Kelola IT (IT Governance). Narasumber yang dihadirkan pada kegiatan  tamu ini adalah Benny Sukma Negara, MT. Beliau adalah Dosen Teknik Informatika UIN Sultan Syarif Kasim Riau dan pernah menjabat sebagai Kepala Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data UIN Sultan Syarif Kasim Riau sejak 2014 hingga 2021. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring via Zoom Meeting dipandu oleh moderator Febby Apri Wenando, S.Pd., M.Eng Dosen Sistem Informasi dari Universitas Andalas. Peserta kegiatan tersebut adalah para dosen dan mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi UIN Imam Bonjol Padang khususnya prodi Sistem Informasi. Kuliah Tamu diselenggarakan dalam rangka menambah wawasan dan Pengetahuan peserta terkait tata kelola IT serta berbagi pengalaman dari Narasumber kepada seluruh peserta terkait pelaksanaan Tata Kelola IT. Dengan wawasan tersebut diharapkan muncul motivasi bagi peserta untuk bisa membekali diri lebih lanjut dengan skill yang dibutuhkan khususnya terkait tata Kelola IT.

Dalam Pemaparannya Benny Sukma Negara, MT menjelaskan bahwa kebutuhan akan TI tidak lagi hanya dipandang sebagai pendukung saja tetapi bagian dari strategi bisnis yang harus dilakukan karena TI berpotensi mentransformasikan bisnis atau bahkan sektor industri. Benny juga menambahkan bahwa Tata Kelola TI (IT Governance) adalah bagian dari Tata Kelola Perusahaan yang Baik (Good Corporate Governance) di bidang TI. Maka dalam pengelolaan IT ada dimensi Bisnis yaitu proses perencanaan dan Evaluasi sedangkan dalam Dimensi IT yaitu Proses Design, Pembuatan dan Pengoperasian.

Namun tentu resiko IT pun juga harus diperhatikan dalam Hal ini Benny menjelaskan bahwa resiko kegagalan berpotensi mematikan kelangsungan bisnis. Faktor Investasi bidang TI relatif sangat mahal maka dibutuhkan komunikasi yang baik antara seluruh Stakeholders yang ada. Di Akhir acara Narasumber memberikan beberapa contoh Tata Kelola TI yang pernah dikerjakan serta beberapa cara-cara praksis yang biasa dilakukan dalam pengelolaan TI.

Leave a Reply