Membangun Insan yang Berliterasi Sains & Teknologi

Sekolah memegang peranan penting dalam menanamkan literasi digital sebagai bagian dari penerapan empat pilar Gerakan Literasi Digital Nasional. Sekolah merupakan tempat untuk membangun karakter dan mindset yang kuat sehingga para pelajar dapat mengetahui bahwa etika dan budaya di dunia digital tidak ada bedanya dengan dunia nyata.

Para guru sebagai tenaga pendidik yang menjadi garda terdepan dalam ruang lingkup sekolah, harus diberikan informasi dan pemahaman akan pentingnya budaya digital. Mereka juga perlu mendapatkan materi empat pilar literasi digital, yaitu Digital CultureDigital EthicDigital Safety, dan Digital Skill.

Fakultas Sains dan Teknologi UIN Imam Bonjol Padang yang melakukan pendampingan literasi digital dan sains berbasis lingkungan dan budaya pada Madrasah Aliyah Negeri 3 Kabupaten Tanah Datar telah menyelesaikan rangkaian kegiatan pendampingannya pada tanggal 26-28 September 2022. Rancangan kegiatan pendampingan literasi digital dan sains ini dilaksanakan dalam 4 tahapan kegiatan, yaitu: pemetaan, perencanaan, pelaksanaan, evaluasi.

Dosen-Dosen FST dalam Pendampingan Literasi Digital dan Sains berbasis Lingkungan dan budaya di MAN 3 Kabupaten Tanah Datar

Kepala Sekolah MAN 3 Tanah Datar dalam penyampaiannya menyampaikan terima kasih yang sedalam-dalamnya atas kepercayaan Fakultas Sains dan Teknologi memilih MAN 3 Tanah Datar sebagai mitra dampingan dalam rangka penyebarluasan ilmu pengetahuan melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Harapan pihak sekolah agar kegiatan yang sama dapat dilanjutkan Kembali di tahun yang akan datang. Senada dengan hal tersebut, Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan yang turut serta dalam kegiatan tersebut mewakili Dekan FST UIN Imam Bonjol menegaskan komitmen FST dalam mengembangkan keilmuan serta implementasinya di masyarakat. Hal tersebut dapat terwujud dengan kolaborasi sebagai kunci dari pelaksanaan pengamalan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni budaya langsung pada masyarakat secara kelembagaan melalui metodologi ilmiah sebagai penyebaran Tri Dharma Perguruan Tinggi serta tanggung jawab yang luhur dalam usaha mengembangkan kemampuan masyarakat, sehingga dapat mempercepat laju pertumbuhan tercapainya tujuan pembangunan nasional. Salam Saintek!!!

Leave a Reply