Rabu Mengaji Rabu Jernihkan Hati

Bertempat di ruang akademia Tuanku Imam Bonjol Fakultas Sains dan Teknologi UIN Imam Bonjol Padang pada tanggal 2 November 2022, dilangsungkan kegiatan Rabu Mengaji mulai pukul 08.00-09.00 WIB dan dilanjutkan dengan Sekolah Islam Kebangsaan seharian penuh. Tema acara mengaji kali ini bertajuk “Menjaga Hati meraih Ridho Allah SWT” yang disampaikan oleh ustadzah Ira Sasmita dari Ponpes MTI Canduang.

Penyampaian Tausiyah oleh Ustadzah Ira Sasmita dari Ponpes MTI Canduang

Dalam penyampaiannya, ustadzah Ira menyebutkan bahwa Hati adalah bagian tubuh yang paling penting, dalam definisi harfiah hati definisikan sebagai organ tubuh yang bertugas membersihkan racun namun dalam definisi yang dimaksud dalam Islam adalah hati ruhani atau yang biasa disebut hati sanubari. Hati ruhani ini yang akan menjadi pembeda diantara manusia satu dengan manusia lainnya jika hatinya kotor maka perbuatannya akan penuh kemaksiatan jika hati bersih maka perbuatannya tentu penuh dengan kebaikan. Dalam definisi Al-Ghazali, hati ditetapkan sebagai raja dari seluruh bagian tubuh, karena kemana kaki melangkah tentu yang menggerakan kaki itu berjalan menuju kebaikan atau keburukan adalah hati sanubari manusia masing-masing. Allah sendiri menilai hambanya dari bagaimana kebersihan hati hamba-hambanya.

Rangkaian acara kegiatan Rabu Mengaji kali ini ditutup dengan lantunan I’tiraf secara bersama dan dilanjutkan dengan penyampaian materi keislaman melalui Sekolah Islam Kebangsaan. Salam Saintek!

Leave a Reply