Workshop Integrasi Sains dan Islam | Penyusunan Bahan Ajar Sekolah Islam dan Kebangsaan FST

(Padang, 31 Juli 2022) Dalam rangka pelaksanaan Sekolah Islam dan Kebangsaan FST pada semester ganjil 2022 yang akan berlangsung, maka dibutuhkan bahan ajar yang siap diimplementasikan dan diterapkan. Guna menghadirkan bahan ajar sekolah Keislaman pada tanggal 29-31 Juli FST mengadakan Workshop Integrasi Sains dan Islam serta penyusunan bahan ajar yang bertempat di Hotel Truntum Padang. Workshop Integrasi Sains dan Islam dilaksanakan dihadiri langsung oleh Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Nurus Shalihin,Ph.D. Peserta yang dihadirkan adalah Dosen dari berbagai latar belakang keilmuan Keislaman diantaranya Faisal, SH., MH (Dosen Fikih), Mufti Ulil Amri, MA (Dosen Ushul Fikih), Ilya Husna, MA (Dosen Bahasa Arab), Dr. Novizal Wendry, MA (Dosen Ilmu Hadis) , Dra. Darmaiza, M.Ag (Dosen Studi Agama), Ujang Wardi, M.Si (Dosen Islam dan Budaya Minangkabau), Dr. Efendi, M. Ag (Dosen Ilmu Kalam dan Tasawuf), Welhendri Azwar, M. Si., Ph. D (Dosen Sosiologi) dan Bustamar, S. Ag„ MH (Dosen Ilmu Hukum).

Selain itu penyusunan bahan ajar juga melibatkan berbagai elemen yang memiliki kepakaran terkait keislaman dan kebangsaan diantaranya Akhyar Fuadi selaku Pimpinan Pondok Pesantren At-Taqwa, Shadrio Shaufi, S. Pd Penggiat Kajian Fikih Pondok Pesantren Ashhabul Yamin dan M. Yusuf, M.Si Peneliti Masalah Sosial Keagamaan Lasigo. Perwakilan dari Fakultas Sains dan Teknologi diwakili oleh Aulia Arham, M.Eng (Kaprodi Sistem Informasi) dan Amalina, M.Si (Kaprodi Matematika).

Acara berlangsung dengan 3 sesi pembahasan, Pembahasan pertama adalah berkaitan membangun Paradigma Sekolah Islam FST. Dalam pembahasan ini para peserta diharapkan memiliki kesamaan paradigma berkaitan kepentingan pelaksanaan Sekolah Islam dan Kebangsaan, pada sesi pertama langsung dipandu oleh M. Solihin, S.E.I., M.Si dari IAIN Curup. Berlanjut kepada sesi kedua yaitu pembahasan draft Kurikulum Sekolah Islam FST yang juga di pandu oleh M. Solihin, S.E.I., M.Si dan berakhir kepada sesi Penyusunan RPS Mata Kuliah Sekolah Islam yang akan digunakan dalam Sekolah Islam dan Kebangsaan FST. Salam Saintek

Peserta Workshop Integrasi Sains dan Islam

Leave a Reply